Senin 04 Jul 2016 18:42 WIB

Libur Lebaran ke Makassar? Jangan Sia-siakan 10 Kuliner Ini

Red: Dwi Murdaningsih
Sop konro
Foto:
Coto nusantara

Coto Nusantara

Jl. Nusantara, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Coto Makassar di Jalan Nusantara atau umumnya disebut Coto Nusantara, berlokasi di Jalan Nusantara, persis di depan Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Makassar. Selain di Jalan Nusantara, warung coto milik Haji Tutu ini juga buka di Jalan Merpati, tepatnya di belakang Bank Sulsel di Jalan Ratulangi, Makassar.

Di Jalan Nusantara, warungnya tidak seluas di Jalan Merpati. Namun, suasana yang ramai nan sempit ini menambah sensasi menikmati semangkuk coto panas yang baru dimasak di kuali dengan kayu bakar ini. Semangkuk Coto Nusantara berisikan daging-daging sapi pilihan ini disajikan bersama ketupat atau burasnya.

Mie Hengki

Jalan Nusantara No. 354, Makassar

Mie Hengki ini merupakan sebuah tempat yang berdiri di Jalan Nusantara No. 354, Makassar. Mie yang di sajikan di Mie Hengki ini adalah mie kering makassar. Mie kering Makassar sendiri merupakan sebuah olahan yakni mie China yang tentu mempunyai rasa lezat. Sajian mie kering di tempat wisata kuliner Makassar yang satu ini disajikan dengan irisan ayam, cumi-cumi, hati dan jamur yang tentu menambah daya lezat yang luar biasa.

Bumbu rempah-rempah yang ada di mie kering makassar ini mempunyai cita rasa yang sangat khas. Jika tertarik untuk datang ke tempat wisata kuliner Makassar yang satu ini, Anda bisa datang ke Mie Hengki mulai jam 7 malam hingga jam 12 malam.

Mie Titi

Jl. DR. W.S. Husodo

Mie Titi ini adalah sejenis mie kering yang disajikan dengan kuah kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati dan cumi. Mirip ifumie, hanya mienya sangat tipis. Tadinya kirain nama mie titi ini adalah nama jenis makanan, namun ternyata kata titi berasal dari nama panggilan pemiliknya.

Aroma Coto Gagak

Jalan Gagak, Mariso

Coto Makassar merupakan masakan khas daerah ini berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Biasanya disajikan dengan ketupat/lontong Coto Makassar di jalan gagak, selain rasanya enak, katanya tempat ini juga buka 24 jam sehingga jadi tujuan kuliner banyak warga di kota ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement