Secara umum, konsumsi es krim di Indonesia mencapai 0,6 liter per kapita per tahun. Penggemarnya berasal dari beragam lapisan usia. "Untuk segmen remaja, kami yakin tingkat konsumsinya adalah tiga kali jumlah rata-rata tersebut," kata National Sales & Marketing Manager PT Campina Ice Cream Industry, Adji Andjono, di sela-sela konferensi pers peluncuran rasa baru Campina Concerto.
Melihat kecenderungan tersebut, Campina serius menggarap segmen remaja. Apalagi, jumlah proporsi remaja di Indonesia cukup besar. Di lain sisi, Campina memantau es krim yang paling populer di Indonesia, yaitu rasa cokelat. Tak heran jika Campina akhirnya memutuskan meluncurkan dua rasa baru es krim Concerto Bold, yaitu Choco Brownie dan Milky Berry. Concerto merupakan varian produk Campina yang memang difokuskan untuk menyasar segmen remaja. "Sedangkan, Concerto Bold yang diperkenalkan pada 2012 merupakan subvarian dari Concerto yang memiliki kelebihan lempengan cokelat di atas yang tebal," ujar Adji.
Foto:Desy susilawati/Republika
Untuk menjawab kebutuhan remaja atas produk es krim, Campina menawarkan es krim cone melalui varian Concerto yang memberikan complete eating experience, yaitu dengan adanya es krim yang lembut, cone yang renyah, dan lempengan cokelat yang tebal. Choco Brownie dan Milky Berry juga merupakan inovasi yang dibuat khusus sesuai selera remaja. Milky Berry adalah es krim cone rasa vanila dengan saus stroberi, lapisan cokelat, dan taburan kacang. Sedangkan, Choco Brownie adalah es krim cone cokelat dengan potongan kue brownies dan saus cokelat, lapisan cokelat, dan taburan cokelat mini.
Campina mengklaim produknya lebih enak, isinya lebih padat, dan lempengan cokelatnya lebih tebal ketimbang es krim sejenis dari kompetitor. Selain itu, es krim Campina terbuat dari bubuk cokelat asli, tanpa pewarna dan pengawet. Campina selalu melakukan inovasi produk. Setiap tahun rata-rata Campina secara umum meluncurkan lima sampai enam produk baru. Dua rasa baru tersebut merupakan produk pertama yang diluncurkan tahun 2014.
Peluncuran dua rasa baru Concerto Bold ini bertujuan untuk memberikan antusiasme baru kepada para konsumen Campina Concerto sehingga mereka terus menemukan sesuatu yang berbeda. Sebelum mengeluarkan dua rasa itu, Campina melakukan riset. Adapun hasilnya menyatakan bahwa rasa cokelat brownies dan vanila plus stroberi sebagai rasa yang paling diminati oleh sebagian besar konsumen remaja. "Dua rasa ini pasti cocok dengan selera remaja karena remaja saat ini sudah terbiasa dengan produk-produk berbasis susu, buah, dan cokelat yang merupakan unsur utama dalam rasa baru ini," kata Adji memaparkan.
Selain memperkenalkan es krim Concerto rasa milky berry dan choco brownie, Campina juga meluncurkan kembali Concerto Bold Cookies and Cream menjadi Cookie Creamy. Ketiga rasa yang dihadirkan khusus ini diharapkan dapat menjadi teman untuk menambah keasyikan hari-hari para remaja.rep:desy susilawati ed: reiny dwinanda