Selasa 10 Feb 2015 15:15 WIB

Cara Mencegah Kanker

Red:

Satu dari dua orang kelak akan terserang kanker di titik tertentu dalam kehidupannya. Temuan tersebut tersiar sebagai bagian dari peringatan World Cancer Day 2015 yang mengangkat tema "Kanker, Bukan di Luar Kemampuan Kita". Kemungkinan yang membuat bergidik itu sebetulnya bisa dicegah.

* Penyulut

Empat dari 10 jenis kanker bisa dicegah dengan mengubah cara menjalani hidup. Kanker bukanlah masalah kesehatan di luar kendali manusia. Alkohol, rokok, gula, kurang olahraga, dan makanan yang tak menyehatkan menjadi bahan bakar penyakit ini.

* Gaya hidup

Perempuan masa kini kehidupannya jauh berbeda dengan pendahulunya. Peralatan rumah tangga memudahkan perempuan beraktivitas di dapur. Urusan dapur tak lagi terlalu menyita energi dan waktu. "Kepraktisan penggunaan perabot modern itu berpadu dengan kemudahan lainnya membuat perempuan kurang gerak secara signifikan," komentar dr Anne Rigg, konsultan onkologi medis di London Bridge Hospital, Inggris, seperti dikutip itv.com.

* Deteksi dini

Selain menghindari faktor risiko kanker, langkah pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah vaksinasi terhadap virus HPV dan hepatitis B. Kurangi pula pemaparan terhadap sinar matahari. Hal terpenting berikutnya, lakukan deteksi dini terhadap kanker. Screening serta vaksinasi dapat membantu menghentikan kanker yang berhubungan dengan infeksi, seperti tumor serviks dan hati. "Tentunya, lengkapi juga dengan perubahan gaya hidup," kata Prof Tjandra Yoga Aditama selaku kepala Balitbangkes Kemenkes RI.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement