Selasa 19 Apr 2011 16:46 WIB

Syarif Diduga Telah Rencanakan Bom Bunuh Diri

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah buku yang berjudul 'Jihad di Asia Tengah' ditemukan dengan tulisan di bagian sampul belakang di rumah mertua Muhammad Syarif, pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Cirebon. Menurut Polri, pelaku diduga telah merencanakan bom bunuh diri tersebut.

"Syarif diduga telah menyiapkan dirinya untuk bom bunuh diri itu," kata Kepala Biro Pelayanan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, Brigjen Ketut Untung Yoga Ana di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/4).

Yoga menambahkan tulisan yang berada di bagian sampul belakang buku itu diduga ditulis Syarif. Dalam tulisan tersebut, lanjutnya, Syarif telah bersiap untuk mati syahid dengan melakukan jihad.

Namun ia menegaskan, belum ada kesimpulan dari polisi terkait adanya temuan buku yang ditulis Syekh Abu Mus'ab As Suri tersebut. Pasalnya, temuan buku itu hanya salah satu bagian dari fakta yang ditemukan penyidik. Sementara itu, penyidik telah memeriksa sedikitnya 30 orang sebagai saksi. "Polisi belum bisa kasih kesimpulan," pungkasnya.