Rabu 16 Nov 2011 09:49 WIB

Enam Sirene Tsunami di Bengkulu Rusak, tak Ada Biaya Pemeliharaan

Red: Stevy Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU-- Enam unit sirene tsunami di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, rusakdiduga akibat disambar petir, sehingga tidak bisa dioperasikan.

"Alat tersebut mestinya berbunyi saat terjadi tsunami, namun tidak dapat berfungsi saat digunakan," kata Kepala Baan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan Herman Sunarya, Rabu.

Ia mengatakan, diketahuinya sirene itu rusak, saat akan melakukan lanjutan sosialisasi bencana gempa bumi dan tsunami beberapa pekan lalu di daerah itu.

Enam prangkat sirene itu tersebar di beberapa kelurahan yaitu di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna, Desa Batu Bandung Pino, Tanggo Raso Pino Raya dan Kecamatan Bunga Mas.

Ia mengakui, sirene rusak itu selama ini tidak terpantau akibat minimnya perawatan. Alat pemantau tsunami itu adalah pengadaan Kantor Kesbang Pol Provinsi Bengkulu tahun 2009 saat itu numinklatur BPBD masih tergabung dengan Kantor Kesbang Pol dan Linmas Bengkulu Selatan.

Pihak kabupaten hanya menerima, tidak ada biaya pemeliharaan dan penjagaan operator sirene tersebut dan begitu diterima suah terpasang, semuanya dilakukan petugas provinsi, ujarnya.

Anggota DPRD Bengkulu Selatan Helmi Paman mengatakan, peralatan pemantau tsunami di daerah itu selama ini terkesan tidak dipelihara, sehingga seluruhnya rusak dan tidak berfungsi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement