Rabu 08 Feb 2012 13:45 WIB

Pasca-Pemberhentian Anggie, Posisi Amir Digantikan TB Silalahi

Red: Djibril Muhammad
Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Amir Syamsuddin (tengah) bersama EE. Mangidaan (kanan) dan Jero Wacik saat mengumumkan pemberhentian Nazaruddin.
Foto: Antara/Dhoni Setiawan
Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Amir Syamsuddin (tengah) bersama EE. Mangidaan (kanan) dan Jero Wacik saat mengumumkan pemberhentian Nazaruddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - TB Silalahi mengganti posisi Amir Syamsuddin sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat. Pergantian tersebut menyusul pemberhentian Angelina Sondakh dari posisi Wasekjen PD.

Demikian informasi yang dipastikan kebenarannya oleh Wasekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan. "Benar sekali infonya. Istilahnya bukan pencopotannya ya, tapi pergantian," tegas Ramadhan Pohan, di Jakarta, Rabu (8/2).

Menurut Saan, Amir diganti sejak tiga hari lalu. "Sejak Pak Amir menandatangani pemberhentian Angelina Sondakh dari Wasekjen PD bersama EE Mangindaan dan Jero Wacik," katanya.

Menjawab pertanyaan apa latar belakang penggantian Amir, Ramadhan memastikan tidak ada unsur politisnya. "Tukar tempat saja. Pak Amir konsentrasi sebagai pembantu Presiden, sebagai Menkum HAM. Jadi sekarang pak Amir sebagai anggota di Wanbin di PD. Bukan lagi sebagai Sekretaris Wanhor. Tempatnya digantikan TB Silalahi yang sebelumnya menjabat anggota Wanbin," tuturnya.

Ramadhan mengatakan usulan pergantian formasi ini sebenarnya sudah lama. Sekarang saja baru dieksekusi. Sebagai Menkum HAM, Amir Syamsuddin dinilai banyak sekali tugas pemerintahan bidang hukum yang menuntut konsentrasinya.

"Usulan tukar tempat ini pun datang dari pak Amir sendiri. Usulan ini dibawakan ke Wanbin dan Wanhor, tidak ada masalah," katanya. "Jadi proses ini datar saja, normal saja, bukan karena ada peristiwa atas respon dadakan tertentu. Sekali lagi bukan," tegasnya.

Ramadhan juga menjamin tak ada kekecewaan terhadap kinerja Amir di Dewan Kehormatan PD. Dia yakin Amir akan lebih mantap di Dewan Pembina PD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement