Senin 07 May 2012 08:16 WIB

Obama Undang Hollande ke Gedung Putih

Red: Karta Raharja Ucu
Barack Obama
Foto: Larry Downing/Reuters
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengundang Presiden terpilih Prancis, Francois Hollande ke Gedung Putih akhir bulan ini. Undangan itu adalah upaya mempererat hubungan kedua negara. Obama berharap AS akan bekerja 'erat' dengan Prancis pada era kepemimpinan Hollande.

Hal itu dikatakan salah satu juru bicara Gedung Putih, Ahad (6/5) waktu setempat. Ketika Hollande dinyatakan terpilih sebagai Presiden baru Prancis, Obama langsung menghubunginya. Lewat sambungan telepon, Obama mengucapkan selamat atas kemenangan Hollande. "Obama berharap ia bisa bekerja sama dengan Hollande dan pemerintahnya dalam berbagai tantangan ekonomi dan keamanan bersama," kata Juru bicara Gedung Putih Jay Carney dalam satu pernyataan.

"Obama dan Hollande masing-masing menegaskan kembali untuk melestarikan persahabatan antara rakyat Amerika Serikat dan Prancis," sambung pernyataan tersebut.

Obama akan memimpin AS menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin Kelompok Delapan (G8) negara-negara kaya di Camp David, Maryland antara 18-19 Mei, dan diikuti KTT persekutuan transatlantik NATO di Chicago pada 20-21 Mei.