Senin 21 May 2012 17:49 WIB

Waspadai Wartawan Republika Online Palsu

Rep: Gita Amanda/ Red: Heri Ruslan
Kartu Pers Palsu Wartawan Gadungan
Foto: gita amanda
Kartu Pers Palsu Wartawan Gadungan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Masyarakat diminta untuk mewaspadai aksi wartawan gadungan yang mengaku-mengaku berasal dari Republika Online (ROL). Republika menduga ada sejumlah wartawan gadungan yang mengaku-ngaku sebagai wartawan ROL.

Baru-baru ini, ROL menerima surat dari salah seorang pembaca mengenai keberadaan wartawan yang mengaku sebagai wartawan ROL di Yogyakarta. Redaktur Pelaksana Republika Online (ROL) M Irwan Arifyanto, mengatakan, hingga kini tidak ada wartawan ROL yang ditempatkan khusus di daerah.  Menurut dia, seluruh wartawan Republika berada dibawah koordinasi dari Newsroom Republika.

Menurut Irwan, dari surat yang dikirim pembaca terdapat ID Card palsu seseorang wanita yang mengaku wartawan ROL Yogyakarta. Dalam ID Card palsu tersebut, tertulis wartawan gadungan itu bernama "Ria Amalia Asfandi, Penulis Hard News". Pada ID Card palsu tersebut juga tertera alamat kantor Republika yang salah.

"Seluruh wartawan Republika, baik online maupun cetak berada di bawah satu perusahaan yakni Republika. ID Card wartawan, baik online maupun cetak dikeluarkan oleh Republika," kata Irwan.

Irwan menegaskan, wartawan Republika baik cetak maupun online dilarang menerima dan meminta uang atau hadiah apa pun dari narasumber. Menurutnya jika ada narasumber yang dimintai uang atau diperas oleh wartawan yang mengaku berasal dari Republika, dapat melaporkannya pada redaksi di nomor (021) 7803747.

''Waspadai wartawan gadungan yang mengaku-ngaku berasal dari Republika. Jika ada pihak yang dirugikan dapat langsung melaporkannya kepada kami," ujar Irwan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement