Sabtu 02 Jun 2012 20:35 WIB

Wah, Kunjungan Turis Asing ke Aceh Melorot

Red: Heri Ruslan
Pantai Ulee Lheue Kota Banda Aceh, Aceh.
Pantai Ulee Lheue Kota Banda Aceh, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDA ACEH -- Kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Aceh pada April 2012 turun sebesar 36 persen dari jumlah tamu asing yang datang pada Maret tahun itu sebanyak 1.789 pelancong.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh Syech Suhaimi di Banda Aceh, Sabtu mengatakan salah satu penyebab turunnya jumlah tamu asal luar negeri yang melancong ke Aceh adalah belum tibanya masa liburan sekolah di sejumlah negara seperti di Malaysia.

"Biasanya, jumlah kunjungan tamu asing khususnya dari Malaysia akan meningkat pada saat liburan sekolah tiba yakni pada Mei-Juni tahun ini," katanya.

Suhaimi mengatakan, dari total jumlah kunjungan tamu asing yang datang ke Aceh sebanyak 1.142 orang pada April 2012, pelancong asal Malaysia masih mendominasi kunjungan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Disebutkannya, jumlah tamu asal negara tetangga yakni Malaysia sebanyak 665 orang, masih menjadi pelancong terbanyak ke provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa tersebut, pada bulan April 2012.

Selanjutnya disusul pelancong asal Republik Rakyat China (RRC) sebanyak 107 orang, Inggris 58 orang, Singapura 39 orang, Amerika Serikat 34 orang, Prancis 33 orang, Jerman 30 orang dan sisanya dari sejumlah negara lainnya.

Suhaimi menjelaskan secara kumulatif (Januari-April 2012) jumlah kedatangan tamu asing yang melancong ke Provinsi Aceh sebanyak 5.160 orang.

Pihaknya optimistis, jumlah tamu asing yang berkunjung ke Aceh akan meningkat menyusul tibanya liburan sekolah yang terjadi di sejumlah negara seperti di Malaysia, sebab keinginan wisatawan asing untuk melancong ke provinsi ini masih cukup tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement