Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pecahkan Rekor, Nadal Tujuh Kali Raih Gelar Prancis Terbuka

Senin 11 Jun 2012 14:57 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rafael Nadal juarai Prancis Terbuka 2011.

Rafael Nadal juarai Prancis Terbuka 2011.

Foto: AP/Laurent Baheux

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Rekor terbaru muncul dalam tenis putra dunia. Rafael Nadal mencatat rekor tujuh gelar Prancis Terbuka, Senin (11/6), dengan mengalahkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic 6-4, 6-3, 2-6, 7-5.

 

Kemenangan itu sekaligus memupus impian petenis Serbia untuk mencatat sejarah Grand Slam. Pada pertandingan final yang terpaksa dilanjutkan Senin setelah hujan mengguyur pada Minggu, petenis nomor dua asal Spanyol, juga menciptakan rekor dengan mencatat 52 kali kemenangan dan hanya menelan satu kali kalah.

Prestasi itu sekaligus memecahkan rekor enam gelar Prancis Terbuka yang sebelumnya disandanya pula bersama Bjorn Borg. Ini merupakan gelar Grand Slam ke-11 bagi petenis berusia 26 tahun itu, yang membuat dia terpaut satu gelar di bawah Roy Emerson, tiga gelar dari Pete Sampras, dan lima gelar dari rekor 16 gelar yang dipegang Roger Federer.

"Bagi saya, ini sungguh sebuah kehormatan, turnamen ini paling istimewa dan bagi saya memiliki trofi ini merupakan sesuatu yang tak terlupakan - barangkali ini salah satu momen terhebat dalam karir saya," kata Nadal. Ia hanya membutuhkan 49 menit pada Senin itu untuk merebut kemenangannya.

Setelah pertandingan Minggi ditunda, kedua pemain yang bertemu untuk keempat kalinya secara beruntun pada final Grand Slam, melanjutkan pertandingan. Dalam permainan lanjutan, posisi Nadal mencatat keunggulan 6-4, 6-3, 2-6, 1-2. Namun pada set keempat, Djokovic kemudian unggul 3-1.

Namun satu forehand yang salah dari Djokovic memberi Nadal kesempatan mencuri angka dan petenis Spanyol itu berhasil melakukannya. Pertandingan kemudian berjalan ketat seperti diperkirakan sebelumnya dan Nadal akhirnya menyelesaikan pertandingan tersebut dengan 7-5.

Terakhir kali final tunggal putra Prancis Terbuka gagal diselesaikan pada hari Minggu terjadi pada 1973 saat pertandingan itu dilanjutkan pada hari Selasa dengan Ilie Nastase mengalahkan Niki Pilic.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile