Rabu 15 Aug 2012 05:12 WIB

Endriartono Sutarto Siap Bertarung Jadi Capres?

Red: Endah Hapsari
Mantan panglima TNI Endriartono Sutarto
Foto: Blogspot
Mantan panglima TNI Endriartono Sutarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mantan Penglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto memberikan isyarat siap tampil sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2014.

"Jika kelak rakyat Indonesia menginginkan saya tampil sebagai calon presiden dan ada partai politik yang siap mengusung, maka saya sebagai putra bangsa tidak elok untuk menolaknya," kata Endriartono Sutarto pada acara berbuka puasa bersama sekaligus peluncuran websita pribadinya www.endiartonosutarto.web.id, di Jakarta, Selasa malam.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain, sejumlah tokoh masyarakat, purnawirawan perwira tinggi TNI, maupun pers.

Endriartono menegaskan, jika kelak hasil survei menyimpulkan popularitas dan elektabilitasnya tinggi sehingga ada partai politik yang akan mengusungnya ditambah keinginan masyarakat agar dirinya tampil sebagai calon presiden, ia siap tampil. "Namun bukan berarti saya mencari-cari kesempatan agar tampil sebagai calon presiden, tidak seperti itu," katanya.

Endriartono menyatakan, dirinya menyadari sistem politik di Indonesia tidak memungkinkan tampilnya calon presiden perseorangan, tapi melalui partai politik, sehingga ia akan terus mencermati perkembangan konstalasi politik ke depan.

Komandan Paspampres pada 1997-1998 ini mengakui, dirinya figur independen dan bukanlah anggota salah satu partai politik. "Hingga saat ini saya sudah komunikasi dengan elite partai politik, tapi baru pembicaraan informal belum sampai pada pembicaraan substansi," katanya.

Menurut dia, kendaraan untuk menuju ke bursa calon presiden hanya melalui partai politik karena itu dirinya akan terus mencermati perkembangan politik ke depan. "Saya belum bisa menyebutkan sudah berkomunikasi dengan partai politik mana, tapi masih akan terus melihat perkembangan politik ke depan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement