Jumat 31 Aug 2012 11:05 WIB

Film Israel-Palestina Terbaik di Festival Film Perdamaian Dunia

Red: Hazliansyah
Admissions
Foto: beverlyhillsfilmfestival.com
Admissions

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- "International Film Festival For Peace, Inspiration and Equality" atau yang dikenal dengan Festival Film Perdamaian Dunia resmi digelar, Kamis (30/8). Festival ini menghadirkan 92 film yang menyuarakan perdamaian dari berbagai belahan dunia. Festival ini kemudian memilih "Admissions" sebagai film terbaik.

"Admissions" merupakan film produksi Amerika yang disutradarai Harry Kakarsakis dan diperankan nominator oscar, James Cromwell.

"Admissions" adalah film pendek yang menceritakan kisah transformasional tentang apa yang diperlukan untuk menemukan kedamaian abadi, bahkan di tempat-tempat yang dilanda perang seperti Timur Tengah.

"Admissions" merupakan kisah fiksi yang menceritakan seorang penjaga pintu akhirat. Petugas itu --yang dimainkan James Cromwell-- kemudian dipanggil untuk membimbing  satu pasangan Israel dan Palestina. Ia kemudian mengajarkan mereka kebijaksanaan yang diperlukan untuk menemukan kedamaian abadi.

Film ini juga berhasil mengantongi sejumlah penghargaan seperti Winner Best Short Narrative (Peace on Earth Film Festival 2012), Winner Best Short Film (Spirit Quest Film Fstival 2012), Winner Lifetree Film Award (Lifetree Film Festival 2012) dan masih banyak lagi.

"Kriteria utama dari pemenang disamping faktor-faktor teknis adalah kekuatan pesan yang disampaikan film bersangkutan," jelas Sofia Koswara selaku Chairwoman World Peace Movement yang juga juri festival."Jadi kegiatan ini bukan hanya sebuah festival film, tapi lebih dari itu adalah sarana untuk membangunkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya perdamaian. Kita sudah lelah dengan konflik antar suku, agama, ras dan golongan. Kita ingin hidup berdampingan secara damai, bersama-sama mewujudkan kesejahteraan seluruh umat manusia," tambah Sofia.

Terkait beberapa film tentang Israel-Palestina di festival ini, Sofia mengatakan, semua film menceritakan dan memimpikan perdamaian. Perdamaian yang dimaksud adalah perdamaian practical, yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi bukan goverment to goverment, tapi practical sehari-hari. Jadi film-film ini memberikan solusi untuk terciptanya perdamaian," lanjut Sofia.

Damien Dematra, Founder and Dirctor of IFFPIE mengatakan hal yang sama.

"Kesadaran akan pentingnya perdamaian di kalangan masyarakat dunia layak diacungi jempol. Bahkan orang-orang Palestina dan Israel bekerj sama membut film yang menjadi salah satu peserta festival ini yaitu film Blood Relations. Ini membuktikan bahwa keinginan untik hidup berdampingan secara damai merupakan keinginan semua orang tanpa melihat perbedaan asal-usul dan idelogi politik," ungkap Damien.

Berikut daftar lengkap film-film peraih penghargaan dalam ajang "International Film Festival For Peace, Inspiration and Equality".

1. Best International Short Film : Admission

2. Best International Feature Film: Meherjaan

3. Best Documentary Short: A Ballon for Allah

4. Best Documentary Feature: Little Town of Bethlehem

5. Best New Comer: One Day After Peace

6. Best Film: Admission 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement