Rabu 02 Jan 2013 17:08 WIB

Portugal Susul Yunani Bangkrut!

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Portugal
Foto: Travelvivi
Portugal

REPUBLIKA.CO.ID,LISBON --Presiden Portugal, Anibal Antonio Cavaco Silva menjejakkan kakinya di Indonesia akhir Mei 2012. Secara terang-terangan, Sang Presiden mengakui bahwa negaranya tengah bangkrut akibat  krisis ekonomi Eropa.

Presiden Silva mendatangi langsung sejumlah negara mitranya untuk menelisik kemungkinan peningkatan kerjasama ekonomi. Itu hanya salah satu usaha seorang pemimpin yang berjibaku menyelamatkan negaranya dari krisis.

Tak cukup itu, Portugal bahkan menghapus empat hari libur nasionalnya tahun ini. Hal itu dilakukan demi menggenjot perekonomian negara yang sedang terlilit utang, mulai dari Hari Raya Keagungan Tubuh dan Darah Kristus 'Corpus Christi' dan Hari Raya Santo Santa 'All Saints' Day.'

Nyaris tak ada hadiah Tahun Baru termanis yang diterima rakyat Portugal 2013 ini. Apakah ini pertanda bahwa Portugal bersiap menjadi Yunani berikutnya? Kepala Eksekutif PIMCO, salah satu perusahaan dana obligasi besar di dunia,  Mohamed El-Erian, sudah memproyeksikan ini sejak pertengahan tahun lalu.