Kamis 21 Mar 2013 23:38 WIB

Julia Gillard Kembali Pimpin Partai Buruh

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Djibril Muhammad
PM Australia, Julia Gillard.
PM Australia, Julia Gillard.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri (PM) Australia Julia Gillard kembali dipilih menjadi pemimpin Partai Buruh dalam voting pemilihan, Kamis (21/3). Dia berhasil mengalahkan rivalnya Kevin Rudd.

Pemilihan itu sebelumnya dituntut petinggi sekaligus mantan pemimpin Partai Buruh, Simon Crean untuk mengakhiri perpecahan partai. Menurut Crean, perpecahan itu dapat membunuh partai. Crean telah meminta Rudd untuk melawan Gillard.

"Saya tidak ingin permainan lagi. Sudah waktunya dia (Rudd) bangkit dan benar-benar memiliki keberanian dan keyakinan," kata Crean seperti dikutip dari ABC.net.au, Kamis (21/3).

Tapi ternyata Gillard dipilih kembali menjadi ketua partai. Dia terpilih bersama dengan wakil partai Buruh, Wayne Swan. Ia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya atas dukungan.

Gillard menerima dengan kerendahan hati dan tekad. "Hari ini kepemimpinan partai politik kita, Partai Buruh, telah diselesaikan dengan model yang paling meyakinkan," kata Gillard seperti dikutip dari The Australian, Kamis (21/3).

Pada hari yang sama, Rudd mengakui tidak mendapat mendapat suara yang banyak untuk memenangkan pemilihan itu. Namun Gillard akan menghadapi tantangan untuk menyatukan internal partai yang terpecah.

Belum lagi, hasil jajak pendapat yang menunjukkan pemerintahnya akan mudah dikalahkan dalam pemilihan umum. Partai Buruh kali ini menunjukkan perpecahan di internal partai. "Saya pikir mereka terjepit. Tidak ada jalan keluar dari hal ini," kata analis politik, Nick Economou.

Ia menambahkan ketegangan di kepemimpinan partai memperkuat persepsi oposisi konservatif dengan mudah akan memenangkan pemilihan umum (pemilu).

Gillard yang merupakan PM Australia wanita pertama, menggantikan Rudd dalam kudeta partai pada Juni 2010 lalu. Digulingkannya Rudd membuat banyak pemilih dan simpatisan Rudd marah dan belum memaafkan Gillard karena caranya untuk menjadi pemimpin.

Gillard kembali mengalahkan Rudd untuk kedua kalinya dalam pemungutan suara pada Februari 2012. Gillard juga mendorong Rudd agar berjanji tidak akan menantangnya dan hanya akan mencalonkan kepemimpinan dengan dukungan penuh dari partainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement