Sabtu 23 Mar 2013 20:39 WIB

Ribuan Pelajar Pawai Obor Bandung Lautan Api

Rep: Lingga Permesti/ Red: M Irwan Ariefyanto
Parade Obor di Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega, Sabtu (23/3)
Foto: bandung.go.id
Parade Obor di Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega, Sabtu (23/3)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG --  Ribuan pelajar SMP dan SMA di Kota Kembang Bandung mengikuti parawai obor memperingati peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) tahun 2013 dengan menyusuri sejumlah jalan protokol, Sabtu.

Pawai obor Bandung Lautan Api yang merupakan agenda tahunan di Kota Kembang itu dimulai dari Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega. Iring-iringan yang membawa obor, lampion dan aneka kreativitas siswa itu menyusuri Jalan M Toha, Pungkur, Dewi Sartika, Dalem Kaum, Alun-Alun, ABC, Naripan, Braga, Viaduck, Perintis Kemerdekaan dan berakhir di Balai Kota Bandung.

Hujan deras yang mengguyur Bandung Raya sejak sore hari, tidak menyurutkan semangat para remaja untuk mengikuti prosesi pawai obor itu. Lagu Halo Halo Bandung dan Maju Tak Gentar terus bergema sepanjang perjalanan pawai itu diringi oleh musik marching band dan tetabuhan lainnya yang dibawa peserta. Sebagian peserta berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki menyusuri jalanan yang basah akibat guyuran hujan. Selain membawa obor dan lampion, para remaja itu mengenakan kostum aneka ragam mulai dari pakaian tentara, pejuang '45, pakaian adat Jawa Barat serta berbagai kreasi lainnya.

Mereka rela berkumpul di Lapangan Tegalega Kota Bandung sejak Sabtu siang, untuk menunggu pemberangkatan pawai yang digelar mulai pukul 17.00 WIB tersebut.