Selasa 23 Apr 2013 19:13 WIB

Caleg Keluarga Petinggi Parpol Ramaikan DCS

Rep: Ira Sasmita/ Red: Citra Listya Rini
Bendera parpol
Bendera parpol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang memiliki hubungan dengan petinggi partai masih meramaikan daftar calon sementara (DCS) yang disetorkan ke KPU sejak 9-22 April 2013 kemarin.

Beberapa parpol islam juga memasukkan nama-nama yang memiliki kekerabatan dalam daftar bacaleg. Partai Amanat Nasional (PAN) misalnya. Partai yang didirikan tokoh reformasi Amien Rais itu menempatkan putera sulung Amien, Hanafi Rais dalam daftar bacaleg dari Dapil Yogyakarta.

"Iya, Hanafi maju dari Dapil Yogyakarta. Dia kan dosen ilmu politik UGM dan memang aktif dalam dunia politik," kata Ketua Bapilu PAN, Viva Yoga Mauladi, Selasa (23/4).

Sementara anak Amien lainnya, Mumtaz Rais yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR memutuskan tidak maju kembali menjadi caleg. Tetapi, ayah mertuanya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan diusung PAN menjadi bacaleg DPR.

 

Dari Partai Bulan Bintang (PBB), beberapa nama yang memiliki hubungan kekerabatan juga masuk dalam DCS. Seperti adik kandung dari Ketua Majelis Syuro PBB, Yusril Ihza Mahendra.

"Adiknya, Yustiman Ihza maju dari Dapil Jawa Barat daerah Cirebon," ujar Sekretaris Jenderal PBB, Bm Wibowo.

Menantu mantan Menteri Sekretaris Negara itu juga tak mau ketinggalan. Tri Natalie, istri dari putera sulung Yusril, dicalonkan sebagai bacaleg PBB dari Dapil Jakarta.

Partai berlambang Kabah, Partai Persatuan Pembangunan (PBB) juga memunculkan nama-nama yang memiliki pertalian darah. Istri Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali (SDA), Wardatul Asriah kembali maju sebagai caleg dari Dapil Jatim III. Sementara menantunya diusung menjadi caleg DPRD DKI.

"Istri Pak SDA itu sudah aktif sebagai ketua DPP Pemberdayaan Wanita, dan sudah aktif sebelum suaminya jadi ketum," kata Ketua Bapilu PPP, Fernita Darwis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement