Rabu 26 Jun 2013 16:29 WIB

Jokowi Teken Proyek Kelanjutan Monorail

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Djibril Muhammad
Jokowi
Foto: Republika/Agung Supri
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah menyetujui untuk melanjutkan proses pembangunan Monorail. Dia menyerahkannya pada PT Jakarta Monorail dan PT Adhi Karya untuk membangun dua monorail yaitu Jakarta Link Transportation (JLT) dan Automatic People Mover System (APMS).

Jokowi berharap secepatnya pembangunan monorail dapat dilakukan. "Saya sudah menandatangai persetujuan untuk melanjutkan pembangunan proyek monorail," ujarnya di Silang Monas, Rabu (26/6).

Pembangunan monorail harus sesuai dengan Masterplan Trasnportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Menurut Jokowi, tarif JLT akan ditetapkan sebesar seribu rupiah per kilometer. "Biaya tarif akan diperkirakan akan naik sekitar 10 persen setiap dua tahun," ujarnya.

Jokowi berharap pembangunan dapat dilakukan saat ini. Namun menurut dia, kewenangan investor yang akan memulai monorail tersebut.

Sebelumnya Joko Widodo bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan, Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan, dan Direktur Pengembangan Bisnis Orthus Holdings Banyu Biru Djarot, Direktur PT Jakarta Monorail Sukmawati Syukur meninjau kembali mock up kereta monorail.

Mereka menyempatkan untuk menaiki gerbong Jabodetabek dan JLT. Jokowi mencoba simulasi berada dalam stasiun, proses pembelian tiket dan tata cara menggunakan kereta monorail.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ اَنَّكَ تَقُوْمُ اَدْنٰى مِنْ ثُلُثَيِ الَّيْلِ وَنِصْفَهٗ وَثُلُثَهٗ وَطَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الَّذِيْنَ مَعَكَۗ وَاللّٰهُ يُقَدِّرُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَۗ عَلِمَ اَنْ لَّنْ تُحْصُوْهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ فَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْاٰنِۗ عَلِمَ اَنْ سَيَكُوْنُ مِنْكُمْ مَّرْضٰىۙ وَاٰخَرُوْنَ يَضْرِبُوْنَ فِى الْاَرْضِ يَبْتَغُوْنَ مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ ۙوَاٰخَرُوْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖفَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُۙ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاَقْرِضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًاۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۙهُوَ خَيْرًا وَّاَعْظَمَ اَجْرًاۗ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (salat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Muzzammil ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement