Sabtu 29 Jun 2013 20:14 WIB

Hatta Dorong Generasi Muda Lakukan Perubahan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Mansyur Faqih
Hatta Rajasa
Foto: Agung Fatma Putra
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, untuk menghadapi era globalisasi Indonesia harus membangun ekonomi berbasis inovasi. Tanpa adanya inovasi maka Indonesia susah menghadapi persaingan ekonomi dengan negara-negara lainnya. 

Pengembangan inovasi dalam berbagai produk di Indonesia, terang Hatta, perlu melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Seperti pemerintah, lembaga-lembaga penelitian, kalangan pengusaha, dan para lulusan perguruan tinggi. "Mereka semua harus berkolaborasi untuk mengembangkan produk-produk inovasi yang mempunyai nilai jual di pasar yang lebih baik," katanya di Jakarta, Sabtu, (29/6).

Selama ini, ujar Hatta, Indonesia masih sering menjual bahan mentah yang nilainya tidak begitu tinggi di pasar global. Makanya para mahasiswa sebagai generasi muda harus berani melakukan perubahan.  

"Generasi muda harus mulai memikirkan bagaimana caranya meningkatkan perekonomian Indonesia. Jangan hanya menjual bahan mentah saja, namun produk terbaru yang siap dikonsumsi oleh masyarakat di negara-negara lain," ujar Hatta.

Negara maju, terang Hatta, penuh inovasi dan strategi untuk meningkatkan daya saingnya. Visi bangsa ini sudah jelas, yakni mewudukan masyarakat Indonesia yang  maju adil dan makmur. "Itu semua bisa tercapai hanya dengan meningkatkan daya saing bangsa," terangnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement