Senin 01 Jul 2013 16:59 WIB

LIPI: Kerangka Berpikir Penyusunan RUU Ormas Sesat

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Tolak RUU Ormas (Ilustrasi).
Foto: IST
Tolak RUU Ormas (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain organisasi masyarakat, akademisi dan peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Politik Indonesia (LIPI) juga menolak pengesahan RUU Ormas. Jika tetap disahkan, diperkirakan RUU Ormas akan memicu resistensi dari masyarakat dan berpotensi memecah ormas dalam kubu-kubu tertentu.

"Ormas terpecah dalam dua kubu, yakni ormas pelat merah yang diakui pemerintah dan ormas yang tidak diakui dan dianggap di luar sistem," kata Kepala Bidang Politik Nasional, Pusat Penelitian Politik LIPI Irine Hiraswari Gayatri, di Jakarta, Senin (1/7).

RUU Ormas, lanjut dia, juga akan menimbulkan suasana saling curiga antarberbagai kelompok masyarakat. Disusul potensi penyalahgunaan kekuasaan oleh aparat negara karena naskah RUU ormas yang dinilai multitafsir. Sifat multitafsir itu juga berpotensi menimbulkan penyalahgunaan dari kelompok atau organisasi yang menggunakan kekerasan, premanisme, dan intimidasi.

Karena itu, LIPI mengimbau DPR dan pemerintah untuk kembali membangun suasanan saling percaya antarpemerintah dan masyarakat. Juga menghentikan niat untuk mengawasi dan mencurigai masyarakat lewat RUU Ormas. "RUU Ormas harus dicabut atau ditarik. Karena tidak bermanfaat, tidak relevan, dan tidak diperlukan oleh bangsa Indonesia," ujar Irine.

Sebagai lembaga yang meneliti kebijakan pemerintah, LIPI menilai paradigma yang mendasari penyusunan RUU Ormas keliru. Dibangun berdasarkan kerangka berpikir yang cenderung sesat karena tidak mempercayai aktifitas masyarakat. Pemerintah dan DPR juga dinilai aneh ketika mencurigai penggunaan dana asing dalam menggunakan sumbangan dana ormas. Karena di pihak lain pemerintah membiarkan asing lewat koorporasi global menggerogoti, mengeksploitasi, bahkan menghancurkan perekonomian nasional.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement