Senin 01 Jul 2013 19:14 WIB

Amerika Serikat Rayakan Hari Kemerdekaan ke-237 di Manado

Red: Heri Ruslan
Bendera Amerika Serikat
Foto: anbsoft.com
Bendera Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID,  MANADO -- Amerika Serikat merayakan Hari Kemerdekaan ke 237 di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus menjadi perayaan pertama kali di kawasan Indonesia Timur.

Perayaan kemerdekaan berlangsung di Manado tersebut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo H Sarundajang, Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, musyawarah pimpinan daerah, tokoh agama, anggota DPRD, akademisi pebisnis dan undangan lainnya.

"Sulawesi Utara (Sulut) sebagaimana juga Surabaya Jawa Timur merupakan wilayah kerja Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, karena itu dipilih menjadi tuan rumah," kata Konsul Amerika Mr Joaquin Monserrate pada sambutan perayaan hari kemerdekaan tersebut.

Joaquin yang fasih berbahasa Indonesia tersebut mengatakan, perayaan kemerdekaan tersebut dapat dilaksanakan di Sulut juga tak lepas berkat dorongan pemerintah daerah Sulut khususnya Gubernur Sinyo H Sarundajang menjamin perayaan berlangsung aman dan nyaman.

Konsul Mr Joaquin Monserrate didampingi dan Mrs Michaela Monserrate dalam kesempatan perayaan hari kemerdekaan tersebut berkesempatan bersulang bersama (toast) dengan seluruh undangan yang hadir.

Gubernur Sulut, Sarundajang mengatakan, pelaksanaan hari kemerdekaan Amerika Serikat berlangsung di Manado, bukan hanya bentu pengakuan terhadap keamanan daerah ini, tetapi juga dapat lebih memperkenalkan potensi wisata di Sulut.

Konsul Jenderal Amerika tersebut sebelumnya telah ikut berpartisipasi dalam acara bersih-bersih pantai Taman Laut Bunaken berlangsung , Minggu (30/6).

Kegiatan tersebut disponsori PT Cargill Indonesia dan diselenggarakan atas kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulut.

Beberapa saat sebelumnya, rombongan bergabung dengan masyarakat Pulau Bunaken beribadah di Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) Jemaat Yohanes.

Kegiatan lainnya juga dilaksanakan Sabtu (29/6) dengan mengunjungi sanggar belajar anak-anak jalanan bersama LSM Dinding Manado, menjadi narasumber pada Pacific TV.

Di hari yang sama, konjen juga berbagi informasi mengenai langkah-langkah aplikasi visa untuk turis, pelajar, bisnis dan informasi tentang pendidikan di Amerika Serikat di Universitas Sam Ratulangi.

Sementara itu, rangkaian kegiatan di Surabaya dimulai 20 Juni dengan pengumuman acara lomba foto bertema Bhineka Tunggal Ika dan E Pluribus Unum.

Selain itu, pemutaran film "Glory" oleh "Information Resource Center" yang berkisah perang sipil di Amerika Serikat serta dirangkaikan dengan diskusi tentang kebebasan dan kemandirian pada 25 Juni.

Konjen Monserrate juga berbagi arti tentang kemerdekaan di acara "Fourth of July Briefing" di Akademi Berbagi Surabaya sehari setelahnya.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan "TEDx talk" bertema Bhineka Tunggal Ika-EPluribus Unum di kantor konsulat pada 11 Juli diikuti dengan penutupan lomba foto pada 14 Juli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement