Selasa 02 Jul 2013 21:35 WIB

Tiga Warga Bener Meriah Tewas Akibat Gempa Bumi

Red: Taufik Rachman
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Fiqman Sunandar
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAACEH--Tiga warga Desa Suka Rame Atas, Kecamatan Weih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, ditemukan meninggal dunia tertimpa rumah yang roboh, akibat gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter, Selasa.

Suroto, relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang dihubungi dari Banda Aceh mengatakan, tiga warga yang meninggal dunia itu terdiri dari dua anak dan seorang wanita berumur 60-an tahun.

"Ketiga warga tersebut langsung dikebumikan," ujar Suroto bersama relawan Senkom Mitra Polri melakukan pendataan rumah warga yang roboh dan memberi pertolongan. Selain itu, juga ada lima orang warga yang mengalami luka ringan, katanya.

Ia menyatakan, pihaknya baru bisa mendata rumah penduduk di dua desa, yakni Desa Suka Rame Atas dan Suka Rame Bawah yang berjarak sekitar 7 Km dari Redelong, Ibukota Bener Meriah, atau sekitar 350 Km arah utara Banda Aceh.

Dari hasil pendataan terdapat 80 unit rumah warga rusak parah yang terdapat di Desa Suka Rame Atas sebanyak 50 unit dan Desa Suka Rame Bawah 30 unit. Masjid di Desa Suka Rame Atas juga mengalami kerusakan cukup parah.

"Dari rumah yang rusak tersebut seluruhnya sudah tidak bisa ditempati lagi," katanya.

Sementara rumah semi permanen, masih yang selamat, kalaupun rusak hanya miring sedikit dan masih bisa ditempati.

Ia menyatakan, masih banyak rumah warga di desa lainnya yang diperkirakan mengalami kerusakan, namun belum bisa didata.

"Karena waktu sudah petang, kami tidak lagi menuju desa lainnya. Insya Allah besok kami akan berkoordinasi dengan pemerintah dan relawan lain untuk menelusuri desa-desa yang mengalami musibah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement