Selasa 16 Jul 2013 03:33 WIB

Dilarang Boros Belanja Saat Ramadhan, Alasannya?

Red: Endah Hapsari
Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPARIAMAN---Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat menahan diri berbelanja pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri guna mencegah kenaikan inflasi. "Masyarakat tidak dilarang untuk berbelanja, namun diimbau jangan berlebih-lebihan, karena akan memicu terjadinya inflasi," katanya pada kunjungan safari Ramadhan di Masjid Raya Limau Hantu Nagari Balah Aia, Kecamatan Tujuh Koto, Kabupaten Padangpariaman.

Ia mengatakan, berdasarkan data statistik, inflasi tertinggi terjadi pada saat Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Seharusnya, pada Ramadhan kebutuhan sembilan bahan pokok idealnya berkurang dibanding hari biasa karena pada siang hari umat Islam berpuasa, lanjut dia.

Namun, yang terjadi sebaliknya, kebutuhan terhadap sembako malah meningkat kendati masyarakat hanya makan dua kali yaitu pada saat berbuka dan sahur. Ia mengatakan, meningkatnya kebutuhan sembilan bahan pokok tersebut menyebabkan tingginya permintaan dan akhirnya terjadi kenaikan harga yang memicu inflasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement