Kamis 22 Aug 2013 13:12 WIB

Mendikbud: Kurikulum 2013 Berjalan Efektif 19 Agustus

Rep: Fenny Melisa/ Red: Citra Listya Rini
Mendikbud  Mohammad Nuh
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mendikbud Mohammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurikulum 2013 telah diterapkan mulai Tahun Pelajaran Baru 2013/2014 pada 15 Juli lalu. Namun, pelaksanaannya baru akan efektif berjalan pada 19 Agustus mendatang. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan hal ini disebabkan ada sejumlah daerah yang selama bulan puasa sekolahnya libur total. 

"Ada sekolah yang tidak memberikan materi pelajaran reguler, tetapi materi pembentukan karakter. Misalnya di Provinsi Gorontalo," kata Nuh dalam keterangan pers yang diterima Republika Kamis (22/8).

Nuh menyatakan setelah satu bulan pelaksanaan Kurikulum 2013 akan dilakukan monitoring dan evaluasi (monev). Kegiatan monev yang dilakukan bukan sampling, melainkan sensus. 

Menurut Nuh, aspek pertama yang akan dilihat selama monev adalah terkait materi atau bahan ajar. Kegiatan monev akan melibatkan guru, peserta didik, kepala sekolah, pengawas, komite sekolah, dan orang tua. 

"Mereka diminta tanggapan dan kesan terhadap buku. Hal ini diperlukan sebab buku ini akan digunakan sebagai acuan buku pada semester 2, yang saat ini sedang disusun," ujar Nuh.

Aspek lainnya, lanjut Nuh, adalah guru. Akan dilihat rapor guru mulai saat pelatihan nasional guru inti hingga guru sasaran. Tujuannya adalah ingin diketahui nilainya sebelum dilatih dan sesudah dilatih. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement