Selasa 24 Sep 2013 17:59 WIB

Jokowi, Si Raja Media Sosial

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Citra Listya Rini
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Prayogi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur PoliticaWafe.com Yose Rizal mengatakan, pihaknya melakukan pengamatan terhadap berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, dan seluruh media online, baik nasional maupun lokal.

Calon presiden (capres) yang paling sering dibicarakan oleh semua media sosial itu adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi.

Yose mengungkapkan media Online di Indonesia jumlahnya sekitar 330 mencakup nasional dan lokal. "Sepanjang waktu Jokowi yang dibicarakan, dia merupakan media darling yang merajai media online," katanya di Jakarta, Selasa, (24/9).

Jokowi nonton Metalica saja, kata Yose, ditulis beritanya. Pulang dari nonton Metalica, beritanya juga ditulis lagi. Berdasarkan pengamatan PoliticaWave di berbagai media sosial, antara 1 Maret hingga 1 Agustus 2013, Jokowi yang paling sering ramai dibicarakan. 

 

"Indonesia itu negara terbesar pengguna Twitter nomor lima, makanya media sosial tidak bisa diabaikan pengaruhnya," ujar Yose.

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan sosial media kedua setelah India. Pengguna sosial media itu berusia antara 18 hingga 24 tahun, 25 hingga 30 tahun.

"Mereka ini orang-orang yang akan memberikan suara dalam pemilu. Berdasarkan analisa tim digital komputer dan  tim analisis hasilnya, Jokowi memang mendominasi media online di Indonesia," kata Yose.

Berdasarkan jumlah berita online, terang Yose, paling banyak berita Jokowi sekitar 15 ribu, diikuti oleh Dahlan Iskan sekitar  13 ribu, dan lalu diikuti oleh Hatta Rajasa.

Dari sosial media, kata Yose, pihaknya merekam  hampir empat juta percakapan. Sebanyak  50 persen. membicarakan Jokowi diikuti membicarakan Dahlan Iskan, lalu Megawati,  Hatta Rajasa, terakhir Gita Wirjawan. 

"Hampir semua account Twitter, Facebook semua pernah bicara soal Jokowi. Kami mengamati pembicaraan politik 80 persen terjadi di Twitter, lalu diikuti  Facebook, terakhir Blog," ujar Yose.

Dari 33 provinsi, Jokowi menguasai 31 provinsi. Hanya Kaltim yang dikuasai Dahlan Iskan dan Maluku dikuasai Mahfud MD. Jokowi mempunyai sekitar  742 ribu follower sedangkan Dahlan Iskan memiliki sekitar 625 follower.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement