Senin 07 Oct 2013 22:47 WIB

402 Hektare Sawah di Langkat Kebanjiran

Sawah kebanjiran
Foto: Imam Budi Utomo/Republika
Sawah kebanjiran

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT, SUMUT -- Seluas 402 hektare sawah yang telah ditanami padi di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, kebanjiran akibat curah hujan cukup tinggi yang melanda kawasan tersebut.

"Luas lahan persawahan yang terkena banjir ada 402 hektare di Secanggang," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langka Iwan Syahri di Stabat, Senin (7/10).

Itu berdasarkan data yang masuk ke instansinya, sedangkan di kecamatan lainnya seperti di kecamatan Stabat, Batang Serangan maupun Padang Tualang, belum didapat karena belum ada laporan yang disampaikan ke instansinya.

"Banjir yang merendam persawahan karena hujan yang cukup tinggi intensitasnya sekaligus juga karena air buangan dari kecamatan Stabat," ungkap Iwan Sahri.

Iwan Sahri juga mengungkapkan bahwa ada empat kecamatan yang beberapa hari ini dilanda hujan menyebabkan banjir setinggi 70 centimeter hingga satu meter.

Untuk kecamatan Stabat ada 1.642 rumah yang terendam air banjir meliputi tiga desa yaitu Pantai Gemi, Kwala Begumit, dan Kampung Mangga.

Sementara untuk kecamatan Batang Serangan ada 910 rumah yang terendam banjir berada di Kelurahan Pekan Batang Serangan, Desa Sei Bamban dan Desa Karya Jadi.

Dengan rincian Dusun Pujidadi 400 rumah, dusun Sumber Rejo 70 rumah, Dusun sepuluh 20 rumah, Dusun Batang Teladan 20 rumah.

Sedangkan dusun Samitresno 200 rumah, Karya Jadi 50 rumah, Kelurahan Pekan Batang Serangan Lingkungan Benteng Titi Besi 150 rumah.

Untuk Kecamatan Secanggang persisnya Desa Karang Gading 155 rumah, Desa Kepala Sungai 147 rumah, Karang Anyer 22 rumah, Perkotaan 107 rumah.

Di Kecamatan Padang Tualang ada dua desa dengan jumlah kepala keluarga 547 diantaranya Desa Sukai Dusun Tegal Rejo 192 rumah, Desa Tebing Tanjung Selamat Dusun 11 Tegal Rejo 230 rumah dan Dusun 12 Benteng Rejo 125 rumah.

Upaya yang sudah dilakukan BPBD bersama kantor sosial diantaranya mendirikan posko siaga dan salurkan 295 kotak mie instan dan 195 kotak air mineral di Kecamatan Batang Serangan

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement