Selasa 08 Oct 2013 22:19 WIB

Di Sulteng, Harga Kambing Kurban Rp 4 Juta per Ekor

Kambing Kurban (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Kambing Kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BAUBAU -- Harga kambing kurban di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mencapai Rp 3,5-4 juta per ekor.

Salah seorang penjual kambing kurban di perempatan Jalan Tarapu, Kerluahan Tarafu, Kota Baubau, La Uti (42) di Baubau, mengatakan harga kambing kurban tahun ini meningkat tajam bila dibandingkan dengan harga kambing kurban pada lebaran haji sebelumnya.

"Tahun lalu, harga kambing kurban berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta per ekor," katanya, Selasa (8/10).

Ia mengaku menjual tinggi kambing kurban karena di tingkat peternak kambing juga mengalami kenaikan harga cukup sigfinikan. "Di tingkat pertenak, kita membeli kambing kurban seharga antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta per ekor," akunya.

La Uti mengaku membeli kambing kurban dari sejumlah peternak kambing di wilayah Kabupaten Buton, seperti dari Mawasangka, Siompu dan sebagian dari Kabupaten Muna. "Kita menarik untung dari penjualan kambing kurban ini antara Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu per ekor," tuturnya.

Dikatakannya, saat ini warga pembeli kambing kurban masih sepi, karena hari raya kurban masih sepekan lagi. Dalam sehari kata dia, kambing kurban yang terjual paling berkisar antara lima sampai delapan ekor. "Biasanya pembeli kambing kurban mulai ramai menjelang H-4 hingga H-2 perayaan hari raya kurban," tutup La Uti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement