Jumat 13 Dec 2013 00:11 WIB

Babel Diminta Fokus Rencana Pembangunan Jembatan Trans Sumatera

Red: Julkifli Marbun
Bank Sumsel Babel Syariah
Foto: kabarsumatra.com
Bank Sumsel Babel Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Didit Srigusjaya meminta pemerintah setempat fokus merealisasikan rencana pembangunan jembatan Trans Sumatera untuk kemajuan dan kesejahteraan warga di daerah itu.

"Momentum rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dengan Bangka Belitung, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena akan meningkatkan perekonomian warga," katanya di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan, pembangunan jembatan Trans Sumatera ini bermula dari Tanjung Si Api-api yang akan disambungkan ke Pulau Bangka dan berakhir di Pelabuhan Ketapang, Kota Pangkalpinang.

"Ini peluang sangat baik, artinya di satu sisi keuntungan tidak hanya dinikmati masyarakat Sumatera Selatan, tetapi juga akan sangat menguntungkan masyarakat Bangka Belitung, karena akses transportasi darat akan semakin mudah," ujarnya.

Menurut dia, apabila jembatan ini terealisasi maka akan membuka akses ekonomi baru bagi kedua daerah yang saling menguntungkan, artinya lalulintas berbagai kebutuhan pokok warga Bangka Belitung akan semakin lancar dan harga kebutuhan tersebut dapat ditekan.

"Selama ini, jalur pelayaran dari Pulau Sumatera ke Babel sering terganggu karena cuaca di laut memburuk, sehingga harga berbagai komoditas akan melambung, dan memberatkan ekonomi warga kurang mampu," ujarnya.

Selain itu, dengan adanya jembatan trans sumatera ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan investor untuk menanamkan modalnya di kedua daerah itu.

"Kami berharap Pemprov Babel segera melakukan koordinasi, kerja sama dengan Pemprov Sumsel untuk mempercepat pembangunan jembatan Trans Sumatera ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement