Senin 06 Jan 2014 22:51 WIB

Abe Ingin Bertemu Cina dan Korsel

Rep: Alicia Saqina/ Red: Nidia Zuraya
PM Jepang Shinzo Abe
Foto: Reuters
PM Jepang Shinzo Abe

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO –- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Senin (6/1), menyatakan keinginannya untuk bertemu dengan para pemimpin Cina dan Korea Selatan (Korsel). Pertemuan tersebut ia tujukan untuk menjelaskan alasan mengapa dirinya mengunjungi kuil perang  kontroversial, Yasukuni, yang dilihat kritikus sebagai simbol atas agresi perang Tokyo.

‘’Berdialog dengan Cina dan Korea Selatan, sangat penting bagi perdamaian dan keamanan wilayah ini,’’ kata Abe seperti yang dikutip dari Reuters, Senin (6/1). Saat itu, ia tengah menghadiri konferensi pers seusai menyelesaikan kunjungan adat tahun baru ke sebuah kuil di Kota Ise, Jepang Tengah.

Abe mengatakan, untuk menjernihkan persoalan ini pihaknya menempuh apa yang telah menjadi standarisasi dalam KTT bersama negara-negara tetangga Asia timur laut lainnya. ‘’Saya ingin menjelaskan maksud yang sebenarnya atas kunjungan saya ke Yasukuni. Tidak ada pendekatan langsung yang dibuat untuk mengatur pertemuan ini. Tapi seperti biasa, pintu untuk berdialog selalu terbuka,’’ ujarnya.