Rabu 22 Jan 2014 20:42 WIB

Cula Badak di KBS Diprediksi Hilang

Red: Karta Raharja Ucu
Badak Bercula Satu
Foto: thehelper.net
Badak Bercula Satu

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengamat Satwa, Singky Soewadji memperkirakan isi brankas di Kebun Binatang Surabaya (KBS) berupa cula Badak yang nilainya mencapai miliaran rupiah itu isinya kosong, meski kondisi brankas tergembok.

"Itu cula Badak KBS yang mati pada saat KBS dipimpin Pak Said (Ketua Perkumpulan Kebun Binatang Surabaya). Cula itu sangat berharga, tapi jangan-jangan isinya kosong karena sudah dicuri orang," kata Singky di Surabaya, Rabu (22/1).

Menurutnya, ada empat cula Badak dengan ukuran kecil dan besar yang dulu sempat disimpan di kantor KBS. Namun, saat kepemimpinan Said dilengserkan Stany Soebakir, cula tersebut diamankan dalam brankas.

Saat kepemimpinan Stany dilengserkan dr Komang dan direbut kembali Stany, keberadaan cula tidak jelas, apakah masih ada di brankas atau sudah hilang dicuri orang. "Begitu juga pada saat Stany dilengserkan oleh Basuki. Kemudian kepemimpinan Basuki diambil alih TPS dan sampai saat ini direbut Pemkot Surabaya, cula masih misterius," ujarnya.