Kamis 23 Jan 2014 20:13 WIB

Gubernur Paparkan Rencana Relokasi Warga Sinabung

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: A.Syalaby Ichsan
Gatot Pujo Nugroho
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gatot Pujo Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Selain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho juga memberikan sambutannya terkait penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung.

Gatot meminta agar pemerintah pusat segera membantu penyediaan hunian sementara untuk 3.437 warga yang tinggal di radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

“Yang paling mendesak adalah relokasi bagi  warga yang tinggal di radius 3 kilometer dari Gunung Sinabung. Mereka  sebanyak 3.437 jiwa atau 921 kk yang berasal dari 5 desa,” kata Gatot dalam sambutannya, Kamis (23/1).

Mencermati rekomendasi dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), ia merencakan untuk melakukan relokasi korban Gunung Sinabung di lokasi aman untuk antisipasi penyelamatan warga yang menjadi dampak erupsi Gunung Sinabung. relokasi akan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama akan dilakukan khusus untuk warga di radius 3 kilometer sebanyak 3.435 jiwa atau 921 KK (Kepala Keluarga) di lima desa. Tahap selanjutnya yaitu warga di radius 5 km. Ia mengakui relokasi warga di bawah kaki gunung, membutuhkan biaya besar dan memakan waktu yang lama.

"Namun upaya penyelamatan tetap diutamakan apalagi Gunung Sinabung terus mengancam warga," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement