Selasa 25 Feb 2014 19:06 WIB

Candi Borobudur Sudah Dibuka Penuh

Rep: Heri Purwata/ Red: Djibril Muhammad
  Candi Borobudur tampak berwarga abu-abu akibat tertutup abu vulkanik erupsi gunung Kelud di Candi Borobudur, Magelang Jateng, Jumat (14/2).    (Antara/Anis Efizudn)
Candi Borobudur tampak berwarga abu-abu akibat tertutup abu vulkanik erupsi gunung Kelud di Candi Borobudur, Magelang Jateng, Jumat (14/2). (Antara/Anis Efizudn)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Candi Borobudur yang  mulai Jumat (14/2) ditutup sementara untuk umum akibat abu Gunung Kelud, mulai Rabu (26/2) sudah dibuka kembali secara penuh. Sedang untuk Candi Prambanan dan Ratu Boko baru akan dibuka penuh pada Jumat (29/2) mendatang.

Demikian dikatakan Achmad Muchlis, Sekretaris PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko kepada wartawan, Selasa (25/2). Dengan dibuka penuh ini, wisatawan sudah bisa memasuki Zona 1 atau naik ke Candinya.

"Dengan dibukanya kembali akses bagi wisatawan secara normal ini, pada prinsipnya Taman Wisata sudah siap untuk menerima kunjungan Wisatawan kembali menuju Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dan memberikan pelayanan secara penuh," kata Muchlis di Yogyakarta, Selasa (25/2).

Lebih lanjut Muchlis mengatakan sehubungan dibuka penuh, maka harga tiket masuk akan diberlakukan dengan harga normal dari masing-masing Taman Wisata Candi. Sepekan sebelum dibuka penuh, PT Taman Wisata Candi (TWC) memberikan diskon sebesar 30 peersen, karena wisatawan hanya bisa masuk pada Zona 2 atau belum bisa naik ke candi.

"Kami mencabut kembali pemberlakuan diskon pada masa tanggap bencana yang sudah berjalan sepekan yang lalu," kata Muchlis. 

Dijelaskan Muchlis, setelah tertutup abu Gunung Kelud, mulai Jumat (14/2), PT. TWC bersama Balai Konservasi Borobudur (BKB) serta Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta dan Jawa Tengah  berkoordinasi melakukan pembersihan seluruh kawasan Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko baik di Zona I (Candi). PT TWC dibantu aparat dan pelaku pariwisata juga melakukan upaya perbaikan dan pembersihan di Zona II.

Upaya pembersihan secara gotong royong dan melibatkan banyak pihak ini membuat proses berjalan dengan lebih cepat. Sehinga pada Rabu (19/2), Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dibuka bagi wisatawan dengan akses terbatas.

"Kini pembersihan dianggap sudah selesai, maka Manajemen PT TWC memutuskan untuk membuka kembali kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur secara normal mulai hari Rabu, tanggal 26 Februari 2014. Sedangkan operasi normal untuk Candi Prambanan dan Situs Kraton Ratu Boko akan dibuka  pada hari Jumat, tanggal 28 Februari 2014," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement