Senin 12 May 2014 02:44 WIB

Cheryl Sudduth Muslimah Kedua yang Bertarung Menuju Kongres

Rep: ani nursalikah/ Red: Taufik Rachman
Cheryl Sudduth
Foto: Muslim woman running for U.S. Congress - Al Arabiya News english
Cheryl Sudduth

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Cheryl Sudduth sedang menggoreskan sebuah tinta sejarah. Dia adalah Muslimah kedua yang tercatat mencalonkan diri menjadi anggota kongres Amerika Serikat.

Perempuan Afrika-Amerika ini berjuang meraih kursi di Dewan Perwakilan Rakyat mewakili distrik kongres ke 11 California. Wilayah itu terdiri dari bagian-bagian Contra Costa County.

Banyak kalangan percaya dia adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Pencalonan Cheryl didukung oleh kaum perempuan di wilayahnya, komunitas Muslim dan masyarakat Afrika Amerika.

 

"Kita masih perlu banyak legislator perempuan untuk memastikan isu-isu perempuan bisa menjadi prioritas," tulis Cheryl dalam halaman Facebook-nya, yang dikutip dari Al Arabiya, Jumat pekan lalu.

Cheryl telah menghabiskan seumur hidupnya mengadvokasi pemuda yang terpinggirkan secara sosial dan tidak memiliki akses kesehatan, penyandang cacat dan mereka yang hidup dalam kondisi yang kurang beruntung. Dia dikenal sebagai sosok yang menyediakan kesempatan kerja dan pelatihan bagi ratusan pria dan perempuan kurang mampu.

Pengejaran tanpa henti Cheryl demi kesetaraan tercermin dalam tindakannya. Selama delapan tahun terakhir, ia telah menciptakan ratusan kesempatan bagi kaum muda untuk mendapatkan kemampuan hidup yang sangat berharga. Kesempatan itu ia wujudkan dengan membentuk klub olahraga nonprofit ICYSports.

Dia secara sukarela bekerja sebagai mentor, penggerak gairah hidup dan memberi pelatihan etiket bagi perempuan muda. Segala hal yang ia lakukan itu telah memberi dampak positif bagi kehidupan ribuan orang.

Cheryl berjuang tanpa kenal lelah meminta pejabat pemerintah yang terpilih bertanggung jawab untuk keselamatan publik dan memperbaiki fiskal

Dia telah berkampanye tanpa lelah bukan hanya untuk upah yang sama, tapi gaji yang adil, memerangi diskriminasi jenis kelamin, etnis dan diskriminasi ras di tempat kerja. Dia percaya semua orang, tanpa kecuali, harus mempunyai bekal pendidikan yang cukup dan kompeten sehingga mampu bersaing dalam lingkungan global.

Fokus utamanya adalah meningkatkan sistem pendidikan publik yang dipandangnya sebagai investasi keuangan. Pendidikan publik yang baik akan membantu menutup kesenjangan prestasi dan kesenjangan ekonomi di antara anggota masyarakat yang rentan.

Individu membutuhkan pilihan-pilihan nyata dalam pendidikan dan pelatihan kerja. Dia bertujuan membangun tenaga kerja yang mempunyai kemampuan beragam sehingga mampu mengisi pekerjaan yang dibutuhkan. Misalnya, tenaga kerja dengan pembelajaran perguruan tinggi, perguruan tinggi berbasis pembelajaran, pelatihan industri, keterampilan teknologi atau pelatihan berdasarkan pengalaman kerja.

Dengan pengalamannya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat penganggur, Cheryl akan mampu menciptakan lapangan kerja berkualitas tinggi dan cara-cara inovatif untuk mempekerjakan lebih banyak orang.

Sebagai Direktur Senior Contracts for Goodwill Industries of the Greater East Bay, Cheryl mengembangkan strategi pekerjaan dan membantu membentuk program kerja dan pelatihan bagi penyandang cacat. Program-program ini telah berperan dalam membantu ratusan pekerja penyandang cacat mencapai kemandirian.

Pendukungnya mengatakan keahlian Cheryl dalam negosiasi, mediasi dan penyelesaian masalah juga kesediaannya untuk bekerja tanpa kenal lelah akan membawa perubahan untuk distrik, negara bagian dan bangsa.

Ibu dua putra dan seorang putri ini mewakili suara yang sangat dibutuhkan di Kongres. Dia dinilai sebagai seorang perempuan tangguh yang berdedikasi pada keadilan sosial dan ekonomi, perdamaian internasional, hak-hak sipil dan asasi manusia, masyarakat yang aman, pelatihan kerja, perawatan kesehatan yang terjangkau, upah yang lebih tinggi  dan perlindungan hak-hak perempuan.

Perempuan berjilbab ini percaya cara terbaik mengetahui hal yang tepat bagi perempuan adalah dengan bertanya pada mereka. Dimulai dengan memastikan perempuan memiliki hak dalam pengambilan keputusan, terutama di kursi legislatif.

Semua perempuan, juga perempuan Muslim harus diwakili pada tingkatan yang sejajar dan keragaman karena mereka adalah bagian dari masyarakat Amerika. Hal ini dimulai hari ini dengan perempuan seperti Cheryl yang bersedia melangkah maju untuk memimpin generasi berikutnya.

Cheryl telah memiliki reputasi bintang untuk kepemimpinannya yang berprinsip dan independen. Dia tidak takut mengambil isu-isu yang sulit, membuat resolusi suara dan mengungkapkan pikirannya untuk mereka yang ia wakili, untuk masyarakat yang lebih adil, Amerika yang lebih baik dan dunia yang lebih aman.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement