Ahad 13 Jul 2014 12:53 WIB

Pasokan Listrik Jawa Bali Kembali Normal

Rep: aldian wahyu ramadhan/ Red: Muhammad Hafil
Listrik padam (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Listrik padam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasokan listrik Jawa Bali kembali normal. Masalah gangguan transmisi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) Situbondo-Banyuwangi berhasil diselesaikan.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, pada 00.27 Wita seluruh pasokan listrik Jawa Bali kembali normal. ''Semua beban sudah normal,'' kata dia kepada //Republika//, Ahad (12/7) siang.

Akibat gangguan listrik pada transmisi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) Sitobondo-Banyuwangi, aliran listrik tidak dapat tersalurkan. Buntutnya, sebagian daerah di Jawa dan Bali terjadi pemadaman listrik. Kabel laut Jawa Bali tidak dapat menyalurkan listrik dari Jawa sebesar 234,5 mega watt (MW). 

Manajer Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, gangguan mulai terjadi pada 20.45 Wita. akibatnya terjadi ketidakseimbangan sistem kelistrikan di Bali.

Dia menerangkan, ketidakseimbangan itu berbuntut pada pemadaman listrik. Pasalnya, daya yang tersedia tidak mencukupi untuk memasok listrik.

Menurut Bambang, mulai 21.20 Wita, beban mulai dinormalkan secara bertahap. Pemadaman listrik di Bali disebabkan oleh gangguan teknis semata.

''Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,'' kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement