Senin 11 Aug 2014 20:26 WIB

Jembatan Comal Kembali Normal pada Desember

Red: Heri Ruslan
Jembatan Comal
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Jembatan Comal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan perbaikan permanen jalur atau ruas utara dan selatan Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah, dapat selesai dan dioperasikan secara normal pada Desember 2014.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Senin, mengatakan perbaikan ruas selatan (Semarang-Jakarta) sudah masuk dalam tahap perbaikan permanen. Sedangkan ruas utara (Jakarta-Semarang) masih beroperasi secara darurat.

"Jalur utara sekarang masih darurat. Jalur selatan pada Oktober selesai. Secara bersamaaa, yang utara juga akan dibikin seperti selatan. Jadi akhir Desember dua-duanya sudah dapat beroperasi," kata dia.

Saat ini, kata dia, perbaikan ruas utara dan selatan terus dikebut, terutama agar jalur oprit yang menghubungkan jalan dengan jembatan tidak ambles kembali. Pada Sabtu (9/8) lalu, oprit atau jalur penghubung dari jalan ke jembatan di ruas utara sempat mengalami penurunan karena padatnya kendaraan yang melintas.