Senin 06 Oct 2014 06:54 WIB

MUI Ajak Muslim Mimika Shalat Gerhana Bulan

Red: Erdy Nasrul
Gerhana Bulan
Gerhana Bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Papua, mengajak umat di wilayah itu untuk mengikuti shalat gerhana bulan pada Rabu (8/10) pukul 20.00 WIT, di Masjid Agung Babussalam Timika.

Ketua MUI Kabupaten Mimika Ustadz Muhammad Amin A.R. di Timika, Senin, mengatakan sesuai informasi dari BMKG Timika akan terjadi gerhana bulan total pada Rabu (8/10).

Jika cuaca mendukung, katanya, warga di Timika akan melihat secara langsung fenomena alam yang langka itu.

"Sepanjang tidak ada hujan dan mendukung maka Insya Allah akan terlihat gerhana bulan total di Timika. Tahun 2014 ini ada empat kejadian, yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan," katanya.

Menurut dia, shalat gerhana bulan merupakan sunat muwakat yang ditekankan kepada muslim dan muslimat.

"Hukumnya sama dengan shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Ada juga khotbahnya. Cuma shalatnya dua rakaat dengan dua kali ruku. Kami sudah menyebarkan undangan ke setiap masjid. Diharapkan umat Islam tanpa terkecuali mengikuti shalat gerhana bulan total ini," kata Amin.

Ustadz Amin mengatakan shalat tersebut semata-mata untuk mengagumi dan memuji kebesaran Tuhan YME yang telah menciptakan jagat raya.

"Semua benda-benda langit, seperti matahari, bulan, dan bintang-bintang, Tuhan ciptakan sejak berjuta-juta tahun yang lalu dan sampai saat ini tidak pernah bertabrakan satu dengan yang lain. Benda-benda angkasa itu tetap berputar berdasarkan orbitnya masing-masing. Kita mensyukuri karya ciptaan Sang Ilahi ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement