Selasa 21 Oct 2014 14:22 WIB

Kemenlu AS Sambut Baik Fasilitasi Turki untuk Buka Penyeberangan Ke Kobane

Rep: C64/ Red: Julkifli Marbun
Marie Harf
Foto: AP
Marie Harf

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kementerian Luar Negeri menyambut baik deklarasi Turki yang akan memfasilitasi penyeberangan pasukan Peshmerga Kurdi ke Kobane untuk memerangi ISIS, seperti yang dilansir Anadolu Agency, Selasa (21/10).

"Kami membuat jelas mengapa kita percaya itu penting, untuk mengambil langkah dalam mendukung memerangi kelompok teror ISIS," ujar Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Marie Harf.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama berbicara dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdoga dan membicarakan tentang strategi untuk membantu memutar kembali keuntungan dari kelompok radikal itu.

Harf menekankan bahwa pembicaraan itu bukanlah untuk mencari persetujuan Turki, tetapi memberitahukan niat AS untuk memasok senjata kepada milisi Kurdi.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan, Turki akan membuka penyebrangan untuk pejuang Kurdi Peshmerga yang jumlah berkisar 200 ribu orang.

Ia berkata, ada sekiar tujuh atau delapan faksi-faksi bersenjata yang akan melawan ISIS di Kobani. Kekuatan ini telah berjanji aliansi mereka ke Turki dan koalisi yang dipimpim AS itu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement