Ahad 25 Jan 2015 21:15 WIB

Polisi: Senjata Airsoft Gun Kerap Disalahgunakan

Red: Bilal Ramadhan
Pengguna Airsoft Gun. Ilustrasi.
Foto: Antara
Pengguna Airsoft Gun. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-- Polres Sukabumi Kota menyebutkan hingga saat ini penggunaan airsoft gun masih sering disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab mulai dari pelaku kriminal maupun warga sipil.

"Masih adanya penyalahgunaan senjata ini terbukti pada 2014 kami menangani empat kasus penyalahgunaan airsoft gun ini dan untuk tahun ini sudah ada satu kasus yang ditangani," kata Kepala Satuan Intelkam Polres Sukabumi Kota, AKP Agus Nur Arsyad kepada Antara, Ahad (25/1).

Menurutnya, penyalahgunaan airsoft gun ini seperti dalam bentuk penganiayaan atau mentakuti orang lain, serta faktor lainnya yang menyebabkan si pemilik menggunakan senjata ini untuk aksi ilegal. Padahal senjata ini bertujuan baik untuk menjaga keselamatan juga olah raga.

Maka dari itu, pihaknya kerap melakukan sosialisasi kepada para pemilik dan pengguna airsoft gun sesuai Peraturan Kapolri nomor 8 tahun 2012 tentang Pengawasan, Pengendalian Senjata Api untuk Olahraga yang tujuannya untuk mengantisipasi dan mengurangi terjadinya penyalahgunaan senjata airsoft gun yang sebenarnya diperuntukan hanya untuk olahraga menembak.