Sabtu 07 Feb 2015 15:10 WIB

Simpanse Mampu Pelajari Sebutan untuk Makanan

Red: Yudha Manggala P Putra
Simpanse (ilustrasi)
Foto: YouTube/The Human Society
Simpanse (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Simpanse mampu mempelajari istilah yang merujuk nama makanan tertentu seperti apel untuk berkomunikasi lebih baik dengan anggota lain spesies mereka. Demikian hasil studi mengenai dua kelompok simpanse berbeda yang berada bersama di Kebun Binatang Edinburgh, Inggris.

Temuan itu, yang disiarkan pada Kamis (5/2) di jurnal AS Current Biology, menyatakan bahasa manusia "tidak lah seunik yang kita duga" dalam hal kemampuannya untuk merujuk kepada benda di luar dengan lambang yang dipelajari oleh masyarakat.

Simpanse diketahui memproduksi tanda bahaya dan permintaan makanan yang merujuk kepada benda di sekitar mereka. Namun, sejauh ini para peneliti berpendapat seruan mereka cuma ungkapan dari kegembiraan mereka dan tak bisa dikendalikan oleh makhluk tersebut.

Pada 2010, satu kelompok simpanse dewasa dari Beekse Bergen Safari Park di Belanda diperkenalkan dengan satu kelompok simpanse di Edinburgh Zoo. Hasil pertemuan itu memberi para peneliti kesempatan untuk mempelajari apakah simpanse mamu mengubah seruan mereka menjadi suara yang lebih mirip dengan suara tetangga baru mereka.