Selasa 10 Feb 2015 06:33 WIB

Dana Desa Dicairkan Bertahap

Rep: C81/ Red: Karta Raharja Ucu
Dana desa untuk pembangunan infrastruktur.
Foto: Antara
Dana desa untuk pembangunan infrastruktur.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dana desa sebesar Rp 20 triliun rencananya akan digelontorkan pemerintah pusat pada April 2015 mendatang. Dana sebesar itu rencananya akan dipergunakan untuk membangun perekonomian dan infrastruktur desa di seluruh Indonesia.

"Mari kita bergotong-royong membangun desa. Akan diberikan secara bertahap guna menghindari penyelewengan," kata Menteri Pembangunan Desa, PDT, dan Transmigrasi, Marwan Dja'far, saat bertatap muka dengan perangkat desa di pendopo Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang (9/2).

Pemerintahan desa seluruh Indonesia yang berjumlah 74 ribu desa akan mendapatkan kucuran dana dengan total Rp 700 juta yang akan diberikan secara bertahap. Periode pertama sendiri akan mulai digulirkan pada April dengan nominal antara Rp 200 hingga 240 juta per desa.

Dana ratusan juta tersebut diharapkan dapat membangun infrastruktur dan ekonomi. "Kenapa tidak diberikan secara langsung? karena APBN kita bisa jebol, fiskal kita tidak kuat. Selain itu, amanat UU juga menyuruh diberikan secara bertahap. Sesuai kemampuan fiskal," katanya menerangkan.