Rabu 18 Feb 2015 19:33 WIB

Budi Gunawan Jadi Wakapolri?

Rep: Andi Mohammad Ikhbal/ Red: Ilham
Calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan menghadiri sidang paripurna  penetapan Calon Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/1). (Republika/Agung Supriyanto)
Calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan menghadiri sidang paripurna penetapan Calon Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/1). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Jokowi akan memberikan kompensasi posisi strategis kepada Komjen Budi Gunawan. Apakah itu artinya diangkat sebagai wakapolri?

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla tidak mengiyakan posisi itu, namun ia juga tidak membantahnya. Meski begitu, JK mengaku sudah menyiapkan langkah ke depan untuk Budi Gunawan. Posisi yang disiapkan tersebut dianggap prestisius. Namun, ia tak menyebutkan harus jadi Wakapolri.

“Itu nanti. Setelah usulan Kapolri disetujui, akan banyak langkah yang diambil,” kata JK saat diwawancarai salah satu TV sawasta di Jakarta, Rabu (18/2).

JK mengakui, setiap keputusan pasti tak memuaskan semua pihak. Kalau Budi Gunawan merasa kecewa, itu dianggap wajar. Namun sebagai perwira, ia tetap harus patuh pada putusan Presiden.