Senin 23 Feb 2015 16:25 WIB

PKB Inginkan Koalisi Permanen Seperti KMP

Rep: C82/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pilkada(Ilustrasi).
Pilkada(Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengatakan, partai yang ia pimpin menginginkan agar Koalisi Indonesia Hebat (KIH) melakukan langkah yang sama dengan Koalisi Merah Putih (KMP). KMP diketahui telah menegaskan untuk mempermanenkan koalisinya hingga ke daerah dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Kita berharap permanen sampai dengan Pilkada. Sebenarnya konstituen kita di bawah juga meminta seperti itu," kata Lukman kepada Republika, Senin (23/2). Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengatakan, dengan koalisi permanen, akan lebih mudah dalam melakukan konsolidasi untuk memenangkan pilkada.

Peluang untuk memenangkan Pilkada di tingkat kabupaten dan provinsi pun, lanjutnya, akan lebih besar dan kuat karena dapat mengarahkan persepsi publik di bawah dengan figur yang kuat. "Karena kan masih membawa spirit Jokowi-JK, spirit blusukan, itu kan lebih menarik bagi publik di bawah," ujarnya.

Selain itu, Lukman mengatakan, langkah untuk berkoalisi permanen sesuai dengan visi awal partai-partai di KIH saat berkoalisi. "Visinya itu kan permanen. Cuma hari ini koalisi ini tidak terasa permanennya. Kalau visi ketika awal berkoalisi itu permanen," kata Lukman.

Meski menginginkan agar KIH melakukan langkah serupa seperti yang diambil KMP, Lukman mengatakan, belum ada pertemuan khusus yang membahas hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement