Rabu 22 Apr 2015 17:04 WIB

Kali Cisadane akan Kembali Direvitalisasi

Rep: C05/ Red: Karta Raharja Ucu
Festival Cisadane
Foto: Antara
Festival Cisadane

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan merevitalisasi kawasan pinggir Kali Cisadane. Revitalisasi akan dilakukan di sepanjang Jalan Benteng Makasar dan Jalan Berhias Kelurahan Gerendeng. Ini sejalan dengan keinginan untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai kota yang layak dikunjungi.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyatakan rencana revitalisasi tersebut menyusul konsep penataan Kawasan Pasar Lama yang telah lebih dulu diusulkan. Program revitalisasi diharapkan membuat kawasan Pasar Lama dan sekitarnya, bisa berkembang sebagai pusat perdagangan dan juga pusat taman wisata yang dilengkapi dengan pusat kuliner khas Kota Tangerang.

"Sungai Cisadane nanti bisa menjadi ecopark dengan tanpa menghilangkan fungsi Cisadane sebagai sumber air baku masyarakat Tangerang," kata Arief, Rabu (22/4).

Sebagai tahap awal, Arief juga telah menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) untuk menghias pepohonan dengan lampu led, selain tentunya juga dilakukan pemangkasan terhadap dahan pohon yang sudah sangat rindang. Hal itu dilakukan selain untuk menjadikan kawasan pinggir Sungai Cisadane lebih indah, juga untuk mencegah aksi kejahatan yang memanfaatkan kondisi sekitar yang agak gelap.