Sabtu 23 May 2015 00:16 WIB

Harga Plastik Lebih Mahal, Mengapa Malah Dicampur Beras?

Rep: C32/ Red: Erik Purnama Putra
Pedagang beras dengan bermacam harga.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pedagang beras dengan bermacam harga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kimia Universitas Indonesia, Asmo Wahyu merasa hingga kini merasa aneh dengan motif pelaku yang menyebarkan beras sintetis. Dia masih mempertanyakan mengapa pelaku menggunakan bahan plastik untuk mengoplos beras yang seharusnya bisa dijual murah.

"Harga plastik sampai saat ini masih jauh lebih mahal dari harga beras," kata Asmo dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (22/5). Menuru dia, walaupun yang dipakai sebagai bahan oplosan beras sintetis adalah biji plastik daur ulang, tetap saja bahan tersebut masih jauh lebih mahal ketimbang beras.

Dia menjelaskan, di negara lain ada pembuatan beras, seperti beras sintetis tersebut. Namun, masih menurut Asmo, bahan yang digunakan bukan berbahan baku utama plastik. "Di Cina saat ini disebut artificial rice," ungkap Asmo. Dia melanjutkan, pembuatan produk tersebut berbahan baku utama tepung ubi, kentang, dan singkong.

Selain itu, menurut Asmo, di dalam campurannya juga dimasukkan beras bubuk. Lalu, semua bahan tersebut diproses dengan mesin mirip pemprosesan plastik. Karena itu, produk tersebut dikatakan lebih mahal karena dirambah bahan adiktif. Sehingga, menurut Asmo, harga beras tersebut masih dia atas harga beras rata-rata.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوْا بِمَا جَاۤءَكُمْ مِّنَ الْحَقِّۚ يُخْرِجُوْنَ الرَّسُوْلَ وَاِيَّاكُمْ اَنْ تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ رَبِّكُمْۗ اِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِيْ سَبِيْلِيْ وَابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِيْ تُسِرُّوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَاَنَا۠ اَعْلَمُ بِمَآ اَخْفَيْتُمْ وَمَآ اَعْلَنْتُمْۗ وَمَنْ يَّفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement