Senin 17 Aug 2015 15:03 WIB

DPR: Biarkan Basarnas Fokus Evakuasi Trigana Jatuh

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bilal Ramadhan
Aktifitas petugas di kantor maskapai Trigana Air Service di Kompleks Puri Sentana Niaga, Kalimalang, Jakarta, Ahad (16/8).
Aktifitas petugas di kantor maskapai Trigana Air Service di Kompleks Puri Sentana Niaga, Kalimalang, Jakarta, Ahad (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Badan SAR Nasional (Basarnas) menjadi lembaga terdepan dalam rangka menemukan puing dan korban pesawat Trigana Air jenis ATR 42 rute penerbangan Jayapura (Sentani)-Oksibil.

Basarnas dengan seluruh komponennya diharapkan secepatnya mampu mengevakuasi pesawat dengan nomor penerbangan IL 267 yang membawa 49 orang penumpang ini. "Ini yang paling penting. Kami minta aksi tindakannya," ucap Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemi Francis kepada ROL, Senin (17/8).

Sejauh ini, Komisi V masih menunggu laporan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengenai penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Yang jelas saat ini, Basarnas, KNKT, dan Kementerian Perhubungan masih fokus pada proses evakuasi terutama dalam menemukan titik-titik jatuhnya pesawat. Setelah semuanya jelas, barulah KNKT melakukan investigasi.

"Sebelum penerbangan dilakukan, pastilah ada rekomendasi tentang cuaca oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)," kata dia.

Saat ini, kata Fary, biarkan tim berfokus pada upaya pencarian pesawat dan pertolongan korban. Setelah selesai, barulah merambah pada pencarian black box untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Komisi V terus memantau perkembangan informasi yang diberikan oleh Basarnas dan Kementerian Perhubungan.

"Kami juga minta posko Trigana memberikan informasi ke keluarga para penumpang," ucap Fary.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement