Senin 17 Aug 2015 19:34 WIB

Pidato HUT ke-70 RI, Risma Soroti MEA

Rep: Andi Nurroni/ Red: Esthi Maharani
Tri Rismaharini - Walikota Surabaya
Foto: Republika/ Wihdan
Tri Rismaharini - Walikota Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Dalam beberapa waktu terakhir, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah getol mengangkat isu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam berbagai kesempatan, Risma, sapaan sang Wali Kota, selalu mengajak warga menyiapkan diri menghadapi persaingan perdagangan bebas ASEAN yang akan berlaku Desember 2015 mendatang.

Tema MEA juga diangkat Wali Kota Risma dalam pidato Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia di Balai Kota Surabaya, Senin (17/8). Menurut Risma, dengan berlakunya MEA, warga serta perusahaan dari negara-negara lain di ASEAN akan leluasa masuk ke Surabaya sehingga persaingan ekonomi semakin kompetitif.

Sebagai Konsekuensi, menurut Risma, ada dua hal, yakni apakah warga Surabaya akan menjadi pemenang atau penonton. Menurut  Risma, HUT Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, hendaknya menjadi momentum bagi warga Surabaya untuk mempersiapkan diri agar menjadi pemenang di kota sendiri.

Caranya, Risma menegaskan, yakni melalui kerja keras dengan keihklasan seperti yang ditunjukkan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan dulu. Disampaikan wali kota, MEA perlu disikapi serius.

“Jika kalah, risikonya sama saja dengan kita dijajah kembali. Karena itu, kita tidak boleh jadi penonton di kota sendiri,” ujar Risma.

Menurut wali kota, Pemerintah Kota Surabaya telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan warga Kota Pahlawan siap menghadapi persaingan dengan warga negara lain yang akan masuk ke Indonesia.

Di antaranya, menurut Risma, adalah dengan menjamin anak-anak Surabaya mendapatkan pendidikan. Pembangunan infrastruktur, seperti jalan-jalan baru, menurut Risma, merupakan bagian dari upaya meningkatkan investasi masuk ke Surabaya, yang berarti menyediakan lapangan kerja baru.

“Saya mengajak warga Surabaya menyatukan tekad untuk terus membangun Surabaya. Saya juga berpesan khusus kepada anak-anak Surabaya untuk tidak mudah menyerah karena tidak ada yang tidak mungkin. Semoga penghargaan yang telah kita raih, bisa menginspirasi anak-anak dan semua warga Surabaya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement