Selasa 18 Aug 2015 17:44 WIB

Menhub: Trigana Harus Penuhi Hak Korban

Lokasi hilangnya pesawat Trigana Airdi Oksob, Pegunungan Bintang
Foto: antaranews
Lokasi hilangnya pesawat Trigana Airdi Oksob, Pegunungan Bintang

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan meminta manajemen Trigana Air Service untuk memenuhi hak-hak korban beserta asuransinya.

"Trigana kerjasamanya selama proses evakuasi baik hingga kini, sehingga diharapkan hak korban beserta hak asuransinya dapat dipenuhi meskipun ada rekonsiliasi manifest," katanya, Selasa (18/8).

Ignasius menjelaskan keseluruhan korban yang berjumlah 54 orang sudah ditemukan meskipun dalam keadaan sudah meninggal dunia, hanya hingga saat ini belum dapat dievakuasi ke Jayapura.

"Rencananya besok kotak hitam yang sudah ditemukan akan diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi," ujarnya.

Senada dengan Menhub, Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan, tim gabungan evakuasi korban pesawat Trigana menginginkan agar operasi ini cepat dituntaskan.

"Meskipun kami ingin cepat tuntas, tapi diharapkan pihak keluarga dapat menerima dengan kerelaan hati," katanya lagi.

Pesawat Trigana PK-YRN dengan nomor penerbangan IL-267 hilang kontak di sekitar wilayah Oksibil, yaitu di Kampung Atenok Distrik Oksob Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Pesawat hilang saat hendak menempuh rute Jayapura (DJJ)-Oksibil (OKS), dan pesawat take off dari Bandara Sentani pukul 14.22 WIT, dengan estimasi tiba pada pukul 15.04 WIT.

Pukul 14.55 WIT pesawat tersebut melakukan kontak dengan tower Oksibil, ternyata kontak tersebut merupakan kontak terakhir, setelah pada pukul 15.00 WIT tidak ada jawaban dari pesawat tersebut.

Penumpang dalam pesawat tersebut berjumlah 49 orang, ditambah dengan lima kru pesawat, dan semuanya dinyatakan meninggal dunia.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement