Jumat 21 Aug 2015 20:20 WIB

SKK Migas Temukan Cadangan Migas Baru

Rep: c30/ Red: Maman Sudiaman
Sumur minyak
Foto: iress.web.id
Sumur minyak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi  (SKK Migas) PetroChina International Jabung Ltd., menemukan cadangan minyak dan gas baru di Sumur Panen-3, Blok Jabung. Temuan tersebut diyakini mampu mengalirkan minyak sebesar 1.849 BOPD dan gas sebesar 1,7 MMCFD.

"Di tengah dinamika industri migas saat ini, temuan cadangan di Panen-3 merupakan angin segar yang patut kita syukuri," ujar Vice President Kemitraan dan Hubungan Pemerintah, Budi Setiadi dalam siaran persnya, Jumat (21/8).

Hidrokarbon tersebut bersumber dari reservoir batupasir pada Formasi Intra-Gumai yang berumur miosen.

Selain Panen-3, PetroChina juga menemukan gas dan kondensar di sumur Tiung Utara-1 yang berasal dari batuan konglomerat Formasi Lower Talang Akar dan reservoir batupasir Formasi Lower Talang Akar dengan hasil total yaitu 11.3 MMCFD dan 283 BCPD.Batuan konglomerat adalah batuan sedimen yang tersusun dari bahan-bahan dengan ukuran berbeda dan bentuk membulat yang direkat menjadi batuan padat.

Kemudian temuan Gas dan kondensat di Sumur Tiung Utara-2 dilakukan uji kandungan pada reservoir batu pasir Formasi Talangakar dan batu gamping Formasi Baturaja dengan total sebesar 18.2 MMCFD + 756 BCPD.

PetroChina Jabung mengharapkan, temuan-temuan hidrokarbon baru tersebut dapat segera dimonetisasi dalam waktu dekat untuk memenuhi kebutuhan gas negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement