Selasa 22 Sep 2015 05:47 WIB

Anggia Ermarini Pimpin Fatayat NU

Rep: Andi Nurroni/ Red: Esthi Maharani
NU
NU

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kongres ke-15 Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) di Surabaya, Senin (21/9) menetapkan secara aklamasi Anggia Ermarini sebagai Ketua Umum PP Fatayat NU periode 2015-2020. Anggia dipilih secara bulat oleh sekitar 480 pemillik hak suara, mewakili pimpinan wilayah dan pimpinan cabang se-Indonesia.

Terpilihnya Anggia Ermarini sudah diprediksi sebelumnya. Pada sesi laporan pertanggung jawaban, seluruh peserta memberikan penilaian "menerima" tanpa catatan. Hal itu merupakan bentuk apresiasi para peserta sidang terhadap kinerja duet Ida Fauziyah-Anggia Ermarini sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum Fatayat NU periode 2010-2015.  

Dalam pidato sambutannya, Anggia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diamanahkan kepadanya. Menurut Anggia, warga Fatayat NU boleh berbangga karena proses demokrasi di internal berjalan dengan lancar dan tertib.  

Menurut Anggia, dengan pencapaian tersebut, Fatayat NU akan melanjutkan perannya sebagai ruang pendidikan bagi generasi perempuan muda NU.

"Kami ingin melahirkan kader-kader NU yang akan datang, yang akan menjaga ahlusunnah wal jamaah sebagai ideologi kita," ujar Anggia.

Menurut Anggia, Fatayat NU memiliki potensi yang besar untuk mendorong perubahan di tengah masyarakat. Dengan keanggotaan hampir 7 juta orang, kata dia, Fatayat NU terus melahirkan tokoh-tokoh perempuan unggul yang bekerja mendorong perubahan sosial.  

Meski begitu, menurut Anggia, masih banyak anggota Fatayat NU dan warga perempuan NU pada umumnya yang belum terberdayakan dan masih hidup dengan berbagi problem sosial, seperti kemiskinan.

Ke depan, Anggia menyampaikan, salah satu program prioritas yang akan akan ia dorong adalah pemberdayaan ekonomi perempuan melalui koperasi. Hal itu, menurut Anggia, harus dilakukan untuk mewadahi potensi kewirausahaan anggota Fatayat NU yang besar.

Selain itu, kata Anggia, ia juga akan mendorong Fatayat lebih memberikan perhatian terhadap isu kesehatan masyarakat. Di antaranya soal kesehatan reproduksi dan gizi.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum PP Fatayat NU, Anggia Ermarini merupakan Sekretaris Umum Fatayat NU serta Sekretaris Umum PP Lembaga Kesehatan NU. Anggia Ermarini memiliki latar belakang pendidikan di bidang Kesehatan Masyarakat. Dia juga tercatat sebagai pengajar di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement