Kamis 24 Sep 2015 07:47 WIB

Idul Adha Sarana Memupuk Kepedulian Sosial

Red: Ani Nursalikah
Seorang anak nampak bermain saat berlangsungnya shalat Idul Adha 1436 H di lapangan parkir Pulomas Jakarta, Rabu (23/9).Republika/Darmawan
Foto: Republika/Darmawan
Seorang anak nampak bermain saat berlangsungnya shalat Idul Adha 1436 H di lapangan parkir Pulomas Jakarta, Rabu (23/9).Republika/Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Peringatan Idul Adha diharapkan sebagai sarana memupuk kepedulian sosial di tengah-tengah masyarakat.

"Sikap individualistik adalah sikap mementingkan diri sendiri dan menurut Allah SWT adalah sikap dari orang yang tidak lengkap keimanannya," kata khatib Nur Ubaidilah SQ yang memberikan makna Idul Adha dalam shalat Id di Masjid Al Aqsa kawasan Bintaro Sektor IX, Tangerang Selatan, Kamis (24/9).

Shalat Id di Masjid Al Aqsa merupakan salah satu kegiatan peringatan Idul Adha yang diperingati di seluruh Tangerang Selatan dan kawasan di sekitarnya.

Kepedulian sosial, menurutnya, merupakan salah satu hikmah yang ada dalam ajaran Islam. Pada bagian lain khutbahnya, ia mengatakan selain membina hubungan dengan Allah SWT, umat Islam juga harus membina hubungan yang baik dengan sesama manusia.

"Kepedulian sosial merupakan ibadah yang tidak hanya ibadah yang pahalanya didapat oleh pelakunya, namun juga dirasakan oleh masyarakat atau orang lain," paparnya.

Khatib juga menyinggung adanya usulan kenaikan gaji pejabat negara yang menurutnya tidak sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini. Ia mengharapkan kepedulian sosial bisa diterapkan secara menyeluruh di seluruh Indonesia sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Usai shalat Id, panitia akan melakukan penyembelihan hewan kurban.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement