Kamis 12 Nov 2015 02:01 WIB

Warga Sulsel Diminta Waspada Angin Kencang

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Hazliansyah
Angin kencang. Ilustrasi
Angin kencang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kepala sub bidang pelayanan jasa Badan Klimatologi, Meteorologi fan Geofisika (BKMG) Sulawesi Selatan (Sulsel), Sujarwo meminta masyarakat di daerah itu mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana angin puting beliung akibat angin kencang yang terjadi. Menurutnya saat ini wilayah di Sulsel sudah masuk dalam musim pancaroba.

"Saat ini kita sedang memasuki musim pancaroba, dimana potensi angin kencang sering terjadi, makanya suka terjadi angin puting beliung. Dan ini berpotensi terjadi di seluruh wilayah Sulsel," ujar Sujarwo, Rabu (11/11).?

Sujarwo menjelaskan hampir seluruh wilayah Sulsel telah memasuki musim penghujan, dimana sebagian besar daerah diliputi awan dan sisanya sudah hujan ringan. Hal ini membuat kecepatan angin pun cukup tinggi.

Arah angin mengarah ke tenggara dengan kecepatan mencapai 25 Km/jam. Dengan kecepatan ini, angin puting lebih riskan terjadi.

"Kecepatan angin di Sulsel memang cukup kencang. Ini yang harus diwaspadai oleh warga jika suatu hari daerah mereka diterjang angin yang kencang," ungkapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ اٰمَنْتُمْ لَهٗ قَبْلَ اَنْ اٰذَنَ لَكُمْۗ اِنَّهٗ لَكَبِيْرُكُمُ الَّذِيْ عَلَّمَكُمُ السِّحْرَۚ فَلَاُقَطِّعَنَّ اَيْدِيَكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ مِّنْ خِلَافٍ وَّلَاُصَلِّبَنَّكُمْ فِيْ جُذُوْعِ النَّخْلِۖ وَلَتَعْلَمُنَّ اَيُّنَآ اَشَدُّ عَذَابًا وَّاَبْقٰى
Dia (Fir‘aun) berkata, “Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu? Sesungguhnya dia itu pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu. Maka sungguh, akan kupotong tangan dan kakimu secara bersilang, dan sungguh, akan aku salib kamu pada pangkal pohon kurma dan sungguh, kamu pasti akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksaannya.”

(QS. Taha ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement